Sabtu, 16 November 2013

TES PSIKOLOGI ONLINE

I.                    Pendahuluan
a.       Latar belakang
Perkembangan zaman akan teknologi internet semakin memudahkan pengguna fasilitas untuk melakukan sesuatu. Bagi para pencari tenaga kerja tidak perlu repot-repot melakukan pertemuan fisik dengan konsultan yang akan melakukan kerjasama untuk mencari kandidat atau sumber daya manusia yang diinginkan kriteria. Keduanya sama-sama diuntungkan dengan menghemat energy, waktu dan biaya. Bahkan mereka tidak perlu repot untuk mengatur jadwal. Sekarang beragamnya fasilitas internet juga memungkinkan melakukan tes psikologi secara online yang terjamin kerahasiaanya.
b.      Rumusan masalah
1.       Apa saja fungsi serta manfaat tes psikologi online?
2.       Apa dampak positif dan negatif dari test psikologi online?
c.       Tujuan
1.       Dapat memahami fungsi serta manfaat tes psikologi online.
2.       Dapat mengetahui dampak positif dan negatif tes psikologi online.
II.                  Analisa dan Pembahasan
Tes Psikologi online berfungsi sebagai seleksi jika digunakan untuk memilih individu-individu yang cocok/sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan melalui media online atau lewat interner. misalnya tes masuk suatu lembaga pendidikan atau tes seleksi jabatan tertentu. Berdasarkan hasil-hasil tes psikologis yang dilakukan, pimpinan lembaga dapat memutuskan calon-calon pelamar yang dapat diterima dan menolak calon-calon lainnya tanpa harus bertemu secara langsung.
Fungsi Klasifikasi tes psikologi online yaitu mengelompokkan individu-individu dalam kelompok sejenis dari hasil tes psikologi yang dilakukan secara online tersebut. Misalnya mengelompokkan siswa yang mempunyai masalah sejenis, sehingga dapat diberi bantuan yang sesuai dengan masalahnya. Tes ini juga berfungsi untuk menjelaskan profil seseorang, baik kepribadian, tingkahlaku, kemampuan, minat dan bakat dan sebagainya hanya dengan melalu tes online tersebut.
Salah satu contoh tes psikologi yang ada di internet adalah Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah salah satu tes yang dapat mengukur kepribadian seseorang secara online.
Diantaranya tes psikologi di internet memiliki manfaat yang sama dengan tes psikologi pada umumnya yaitu :
1.       Untuk menyeleksi individu yang sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan dan sesuai kebutuhan akademik atau pekerjaan masing masing. Misalnya tes masuk lembaga atau pendidikan tertentu tanpa ada pertemuan langsung dan menghemat waktu serta biaya.
2.       Untuk mengelompokkan individu dalam kelompok jenis kepribadian dan minat dari hasil tes psikologi secara online.
3.       Untuk menjelaskan kepribadian seseorang baik tingkah laku kemampuan minat dan bakat secara cepat dan online.
 Dibawah ini ada 3 jenis tes yang sering dipakai oleh pengguna internet yaitu :
1.       Tes logika atau penalaran
Tes ini biasanya berupa deret huruf, angka maupun gambar. Hal yang diukur dari tes ini adalah kemampuan kita untuk memahami pola pola atau kecenderungan tertentu yang diwujudkannya dalam bentuk gambar.
2.       Tes Matematika
Tes psikologi secara online salah satunya memuat tentang tes matematika dasar pada umumnya.Tes matematika ini memuat tentang hal hal seputar deret bilangan, penjumlahan,  pengurangan, perkalian, dan pembagian. 
3.       Tes verbal
Tes ini menguji kemampuan berbahasa seseorang. Tes ini biasanya terdiri dari sinonim dan antonym kata atau penalaran verbal yang berupa soal yang diharuskan mengerti wacana tertentu.
Tes psikologi online memiliki dampak positif dan negative yaitu:
      o   Dampak Positif
1.       Tes psikologi di internet dapat mempercepat proses kegiatan tes psikologi tidak seperti tes psikologi pada umumnya yang dilakukan secara langsung yang dapat memakan berhari-hari bahkan berminggu-minggu untuk mengetahui hasilnya. Dengan tes psikologi online dapat cepat untuk mendapatkan hasil tes.
2.       Tes Psikologi online dapat menghemat biaya karena rata-rata banyak tes psikologi yang diselenggerakan gratis bahkan bebas bagi penggunannya.
3.       Menghemat waktu karena tidak memakan waktu yang lama untuk menyelesaikan tes psikologi secara online.
o   Dampak Negatif

1.       Salah satu dampak yang negative yaitu hasil tes psikologi secara online terkadang tidak akurat dan tidak terjamin kebenaran soal dan hasilnya jika dibandingkan dengan tes psikologi yang dilakukan secara langsung.

2.       Kebenaran soal dan aturannya tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

3.       Seseorang menjadi individualis karena berfikir dia dapat melakukan sesuatu dengan sendiri tanpa bantuan orang lain.

III.                Kesimpulan

Tes psikologi online mempunyai 3 fungsi yaitu fungsi seleksi, klasifikasi, dan deskripsi. Salah satu contoh tes psikologi yang ada di internet adalah Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah salah satu tes yang dapat mengukur kepribadian seseorang secara online. Tiga tes yang sering dipakai adalah tes matematika, tes logika atau penalaran, dan tes verbal. 

IV.                Referensi  

1 komentar:

  1. Nyari info sambil blogwalking gan.... Artikel agan bagus-bagus.

    Info tambahan nie:
    Psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya! Psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya! Simak caranya di Soal Psikotes dan Jawabannya dan tips Wawancara Kerja. Dapatkan Info kerja Aceh untuk wilayah Aceh dan sekitarnya.

    Ada berbagai cara untuk tes iq baik Soal Tes IQ online maupun menggunakan software.

    Bagi anda yang belum memiliki momongan sebaiknya ikuti petunjuk dr. Rosdiana Ramli SpOG dalam bukunya Cara Cepat Hamil dan Tips Cepat Hamil. Semua persoalan kehamilan yang dihadapi pasangan baru menikah dibahas tuntas. Ini berdasarkan pengalaman beliau sebagai dokter kandungan.

    Begitu juga dengan bunda yang sedang menjalani Masa Kehamilan dan Tanda-tanda Kehamilan, tips dari dr. Riyani Limoa, SpOG cocok kiranya dijadikan sebagai panduan dalam memantau tumbuh kembang calon sibuah hati anda.

    Selain cara cepat hamil dan panduan ibu menyusui kami juga sudah menerbitkan buku Cara Merawat Bayi Baru Lahir satu tahun pertama, sangat cocok bagi bunda yang masih kesulitan atau masih bingung dalam mendidik dan merawat di masa perkembangan keemasannya tersebut.

    Kunjungi kami di Masa Hamil dan Menyusui. Terimakasih gan.

    BalasHapus