Sabtu, 16 November 2013

PSIKOLOGI DAN INTERNET DALAM LINGKUP INTERPERSONAL 3

I.                    Pendahuluan

a.       Latar belakang

Untuk melaksanakan pekerjaan secara bersama dalam sebuah group, setiap anggota group menyadari kehadiran anggota lain pada group, dibutuhkan suatu software yaitu CSCW atau Computer Supported Cooperation Work yang mana  merupakan suatu group user yaitu bagaimana cara merancang suatu system yang digunakan untuk membantu pekerjaan sebagai suatu group dan bagaimana memahami dampak dari suatu teknologi pada pola pekerjaan mereka.

b.      Rumusan masalah
            
                   1.       Apakah yang dimaksud dengan Computer Supported Cooperation Work?
                   2.       Bagaimana konsep dasar Computer Supported Cooperation Work yang                   
                         mendukung interaksi sesama pengguna computer?

c.       Tujuan

 1.       Dapat menjelaskan pengertian Computer Supported Cooperation Work.
 2.       Dapat menjelaskan konsep dasar CSCW yang mendukung interaksi antar pengguna    computer.


II.                  Analisa dan Pembahasan

Computer Supported Cooperation Work

Pada dasarnya , CSCW melampaui teknologi itu sendiri membangun dan melihat bagaimana orang bekerja dalam kelompok dan organisasi dan dampak teknologi pada proses-proses . CSCW telah membawa sebagian besar dari penyatuan antara ilmuwan sosial dan teknologi sebagai pengembang bekerja sama untuk mengatasi kedua masalah non-teknis teknis dalam ruang pengguna yang sama . Sebagai contoh, banyak R & D profesional yang bekerja dengan CSCW adalah ilmuwan komputer yang telah menyadari bahwa faktor-faktor sosial memainkan peran penting dalam pengembangan sistem kolaboratif . Di sisi lain , banyak ilmuwan sosial yang memahami meningkatnya peran teknologi dalam dunia sosial kita menjadi " teknologi " yang bekerja di laboratorium R & D untuk mengembangkan sistem koperasi .

Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. Pada kesempatan yang sama pada tahun 1987, Dr. Charles Findley mempresentasikan konsep collaborative learning-work. CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware, namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul baik secara psikologi maupun sosial.

Definisi yang diajukan mempertegas perbedaan di antara dua konsep ini: CSCW adalah sebuah istilah generik, yang menggabungkan pengertian bagaimana orang bekerja dalam sebuah kelompok dengan teknologi pendukung berupa jaringan komputer, Perangkat keras, Perangkat lunak terkait, layanan, dan teknik.

Selama bertahun-tahun, penelitian CSCW utama telah berfokus pada pemahaman dan mengembangkan teknologi yang dapat mendukung interaksi langsung dalam kelompok kecil. pada kenyataannya, lapangan sering didefinisikan dalam istilah 'kerja kelompok' atau bahkan 'kelompok kecil'. muka dengan muka percakapan secara implisit diambil sebagai paradigma interaksi manusia, dan dibandingkan semua bentuk lain dari interaksi manusia dipandang sebagai miskin. Motivasi untuk fokus ini secara umum kebutuhan diduga untuk teknologi yang dapat membantu bekerja sama aktor untuk meniru interaksi langsung seperti melalui jarak fisik.


III.                Kesimpulan
Definisi yang diajukan mempertegas perbedaan di antara dua konsep ini: CSCW adalah sebuah istilah generik, yang menggabungkan pengertian bagaimana orang bekerja dalam sebuah kelompok dengan teknologi pendukung berupa jaringan komputer, Perangkat keras, Perangkat lunak terkait, layanan, dan teknik. Selama bertahun-tahun, penelitian CSCW utama telah berfokus pada pemahaman dan mengembangkan teknologi yang dapat mendukung interaksi langsung dalam kelompok kecil. pada kenyataannya, lapangan sering didefinisikan dalam istilah 'kerja kelompok' atau bahkan 'kelompok kecil'. muka dengan muka percakapan secara implisit diambil sebagai paradigma interaksi manusia, dan dibandingkan semua bentuk lain dari interaksi manusia dipandang sebagai miskin

IV.                Referensi
Schmidt, K. 2011. Cooperative Work and Coordinative Practices: Contribution to the conceptual foundation of computer-supported cooperative work (CSCW). London. Springer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar