Jumat, 15 November 2013

PSIKOLOGI DAN INTERNET DALAM LINGKUP INTERPERSONAL 2

I.        Pendahuluan

a.       Latar belakang
Hubungan interpersonal adalah dimana ketika kita berkomunikasi, kita bukan sekedar menyampaikan isi pesan, tetapi juga menentukan kadar hubungan interpersonalnya. Jadi ketika kita berkomunikasi kita tidak hanya menentukan content melainkan juga menentukan relationship. Dari segi psikologi komunikasi, kita dapat menyatakan bahwa makin baik hubungan interpersonal, makin terbuka orang untuk mengungkapkan dirinya; makin cermat persepsinya tentang orang lain dan persepsi dirinya; sehingga makin efektif komunikasi yang berlangsung diantara komunikan.

b.      Rumusan masalah
1.       Bagaimana fenomena ketertarikan interpersonal dalam internet?
2.       Apa saja hambatan psikologi dalam online relation?
3.       Bagaimana perilaku negative dalam online relation?

c.       Tujuan
1.       Dapat menjelaskan fenomena ketertarikan interpersonal dalam internet.
2.       Dapat menjelaskan macam-macam hambatan psikologi dalam online relation.
3.       Dapat mengetahui dan menjelaskan perilaku negative dalam online relation.

      II.      Analisa dan Pembahasan

Ketertarikan Interpersonal dalam Internet

Hubungan interpersonal adalah kuat, dalam, atau dekat asosiasi / kenalan antara dua orang atau lebih yang dapat berkisar dalam durasi dari singkat bertahan. Asosiasi ini mungkin didasarkan pada kesimpulan, cinta, solidaritas, interaksi bisnis biasa, atau beberapa jenis lain dari komitmen sosial. Hubungan interpersonal terbentuk dalam konteks pengaruh sosial, budaya dan lainnya. Konteksnya dapat bervariasi dari keluarga atau kekerabatan hubungan, persahabatan, pernikahan, hubungan dengan rekan, kerja, klub, lingkungan, dan tempat-tempat ibadah mereka dapat diatur oleh hukum, adat, atau kesepakatan bersama, dan merupakan dasar dari kelompok-kelompok sosial dan masyarakat secara keseluruhan.
Dalam hubungan online, daya tarik orang lain jauh lebih kecil, saling mengenal satu sama lain lebih penting. sebagai informasi dalam pesan pertama sangat terbatas, kasus cinta pada byte pertama lebih jarang. kasus yang lebih umum adalah orang-orang dari "cinta pada awalnya online chatting", sebagai chatting seperti memberikan informasi lebih lanjut. Misalnya, seseorang mungkin mendeteksi di chat pertama rasa humor dan langsung jatuh cinta dengan pengirim.

Hambatan Psikologi dalam interpersonal online-relation.

Hambatan psikologis yakni hambatan-hambatan yang merupakan unsur-unsur dari kegiatan psikis manusia, sedangkan yang termasuk dalam hambatan komunikasi psikologis yakni:
1.         Kepentingan akan membuat seseorang selektif dalam menanggapi atau menghayati pesan.
2.    Sebagaimana telah diketahui bahwa komunikan dalam komunikasi massa sangat heterogen (usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dll). Hal ini memungkinkan setiap individu komunikan memiliki kepentingan yang berbeda
3.       Atas dasar kepentingan yang berbeda, maka setiap individu komunikan akan melakukan seleksi terhadap pesan yang diinginkannya (manfaat/kegunaan).
4.   Prasangka sosial bergandengan dengan stereotif yang merupakan gambaran atau tanggapan tertentu mengenai sifat-sifat dan watak pribadi orang atau golongan lain yang bercorak negatif.
5.       Stereotif misalnya tercermiun pada: orang Batak itu berwatak keras, orang Sunda manja, dll.
6.  Apabila dalam proses komunikasi massa ada komunikan yang memiliki stereotif tertentu pada komunikatornya, maka dapat dipastikan pesan apapun tidak akan bisa diterima oleh komunikan.

Perilaku Negatif dalam Interpersonal online-relation

Hubungan online yang didasarkan pada percakapan, menuntut lebih banyak waktu bersama-sama intens-itu adalah waktu bersama-sama tanpa menonton televisi atau membaca koran. percakapan memiliki kecepatan yang lebih lambat, yang membutuhkan lebih banyak waktu. percakapan online memaksa Anda untuk berinteraksi dengan pasangan Anda dalam setidaknya beberapa aspek nonseksual. aspek ini serta sifat berkelanjutan percakapan, mendorong suasana yang menyenangkan untuk tumpah ke pagi hari setelah. sebagian besar waktu, kesan apa yang terjadi malam sebelumnya adalah bahwa percakapan yang menyenangkan, seperti yang khas menggoda.
Berkomunikasi dengan teks, email, dan media sosial nyaman menjadi norma baru bagi banyak orang tanpa keinginan untuk benar-benar berbicara atau membuat interaksi tatap muka. Cyber​​-bicara adalah fenomena baru dalam kecurangan. Seperti email apapun, teks, atau pesan Facebook dapat mulai keluar sebagai bersalah halo sampai menggoda atau disalahartikan menggoda berlangsung dan perasaan mulai tumbuh. Kembali pada hari dan masih digunakan sampai sekarang. Cara yang paling intim untuk berhubungan dengan seseorang melalui tulisan tangan "surat cinta."
Wanita lain adalah yang melibatkan keterlibatan emosional terbesar dalam mengkhianati. Karena aktivitas fisik seksual sering memerlukan keterlibatan terbesar, umumnya dianggap sebagai pelanggaran terbesar eksklusivitas romantis. Namun, ini tidak harus terjadi, - seks dengan pekerja seks mungkin geberate asmara emosional tanpa aktivitas seksual fisik.

     III.    Kesimpulan

Dalam hubungan online, daya tarik orang lain jauh lebih kecil, saling mengenal satu sama lain lebih penting. sebagai informasi dalam pesan pertama sangat terbatas, kasus cinta pada byte pertama lebih jarang. kasus yang lebih umum adalah orang-orang dari "cinta pada awalnya online chatting", sebagai chatting seperti memberikan informasi lebih lanjut. Email apapun, teks, atau pesan Facebook dapat mulai keluar sebagai bersalah halo sampai menggoda atau disalahartikan menggoda berlangsung dan perasaan mulai tumbuh.

     IV.    Referensi

Ben-Ze’ev, A. 2004. Love Online: Emotions on the Internet. New York. Psychology Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar