Selasa, 09 April 2013

Google Glass, Produk Terbaru Google


Salah satu teknologi terbaru 2013 adalah Google Glass. Google Glass bisa dibilang sebagai pendorong munculnya tren wearable electronic. Bahkan, sebelum dirilis secara resmi, berbagai kontroversi mewarnai teknologi yang dibuat oleh Google ini. Google Glass adalah gadget yang bisa dioperasikan hanya dengan gerakan mata dan perintah suara. Bentuknya mirip seperti kacamata, memiliki layar kecil di salah satu sisi mata. Layar tersebutlah yang menjadi sumber informasi bagi pengguna.

Google Glass memang menjadi gadget yang paling diantisipasi abad ini. Tidak hanya di sektor fashion yang mengantisipasinya secara positif karena desainnya yang fashionable sekaligus futuristik, tetapi juga banyak yang menanggapinya negatif karena isu privasi. Banyak yang merespon dengan antusias terobosan teknologi yang dilakukan Google. Apalagi jika membayangkan bagaimana Google Glass dapat merubah pendekatan kita dalam menggunakan gadget. Google memperkenalkan Google Glass pertama kalinya secara resmi pada pertengahan tahun 2012.

Google glass mempunyai sisi positif begi pecinta gadget, yaitu dengan Google Glass,bBerbagai macam informasi dapat dengan mudah ditampilkan, mulai dari sosial media, gps, foto dan video. Google Glass tidak hanya bisa menampilkan foto dan video, tapi juga dapat digunakan untuk mengambil foto atau merekam video. Dengan bentuknya yang seperti kacamata, mudah dibawa kemana-mana dan banyak kegiatan yang dapat dilakukan hanya dengan gerakan mata dan perintah suara.

Namun Google Glass juga mempunyai sisi negatif, yaitu:

1.       Privasi
Coba anda bayangkan teman atau rekan kerja anda memakai Google Glass sepanjang waktu. Sadarkah anda bahwa kapan saja Google Glass dapat digunakan untuk mengambil foto atau merekam anda? Saya yakin banyak orang yang keberatan jika direkam atau difoto secara diam-diam (termasuk saya mungkin).
Kemudian bagaimana kaitannya dengan dunia profesional atau perusahaan. Google Glass dapat dengan mudah digunakan untuk merekam meeting yang bersifat rahasia atau mengambil foto dokumen rahasia perusahaan. Kemudian bagaimana atasan dapat mengetahui bahwa staffnya sedang browsing di internet menggunakan Google Glass saat jam kerja, tidak mudah bukan.
2.       Keselamatan
Yang tidak kalah penting adalah tentang keselamatan. Menggunakan Google Glass saat mengemudi memiliki potensi besar untuk mengalihkan fokus pengguna saat berkendara. Bayangkan saat anda menyetir mobil tiba-tiba ada popup notifikasi dari teman anda yang mengomentari status anda. Atau ada panggilan telepon yang masuk melalui Google Glass. Mata anda tentu teralihkan untuk melihat informasi yang ditampilkan oleh Google Glass, walaupun hanya sejenak.
Saat ini di beberapa negara bagian atau kota di Amerika sudah dibuat undang-undang tentang penggunaan gadget dijalan. Tidak terbatas hanya kepada pengendara mobil. Bahkan undang-undang dibuat untuk membatasi pejalan kaki dalam menggunakan gadget. Pemerintah New Jersey Amerika melarang warganya untuk ber-SMS saat berjalan di trotoar. Lain lagi di New York, pemerintah New York mengusulkan untuk memberi denda USD 100 kepada warganya yang melakukan panggilan telepon saat menyeberang jalan.
Dilihat dari sisi interface-nya, layar selalu berada di depan mata dan suara bisa dihasilkan Google Glass dengan menggetarkan telinga bagian dalam (bukan konvensional headphone). Google Glass tentu memiliki potensi lebih besar untuk mengalihkan fokus pemakainya dibanding smartphone.
3.       Perlunya regulasi
Beberapa analisa di atas tentu tidak membuat Google Glass serta merta menjadi gadget yang membahayakan keselamatan dan melanggar privasi orang lain. Google Glass merupakan terobosan Google dalam menghasilkan produk wearable computer yang bisa merubah cara kita dalam menggunakan gadget.
Dengan aturan yang jelas dan dibuat dengan tujuan untuk melindungi privasi setiap orang, menjaga keselamatan pengguna dan orang lain. Pasti banyak manfaat yang bisa didapat dari Google Glass. Walaupun tidak akan mudah membuat peraturan untuk membatasi orang dalam menggunakan gadget-nya sendiri.
Alih-alih mengkhawatirkan keamanan datanya, perusahaan juga bisa mengambil keuntungan dari Google Glass. Salah satunya adalah kemudahan dokumentasi dalam meeting, komunikasi yang lebih lancar dengan adanya kamera sehingga lawan bicara bisa mendapatkan foto atau video sesuai dengan sudut pandang lawan bicaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar