Selasa, 19 Maret 2013

Global Warming



            Global warming atau pemanasan global adalah suatu proses dimana suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi meningkat. Saat ini global warming menjadi salah satu masalah terbesar yang kita hadapi. Penyebab terjadinya global warming adalah sebagai berikut:

1.      Polusi Karbondioksida dari pembangkit listrik bahan bakar fosil

Semakin meningkatnya pemakaian pada listrik dari pembangkit listrik bahan bakar fosil membuat semakin meningkatnya juga pelepasan gas karbondioksida sisa pembakaran ke atmosfer.

2.      Polusi Karbondioksida dari pembakaran bensin untuk transportasi

Sumber polusi karbondioksida yang lain berasal dari mesin kendaraan bermotor. Saat ini permintaan kendaraan bermotor setiap tahunnya terus meningkat seiring dengan populasi manusia yang juga tumbuh sangat pesat. Itu menjadikan semakin meningkatnya kendaraan bermotor yang menyebabkan polusi karbon dioksida.


3.      Gas Metana dari peternakan dan pertanian.

Gas metana juga menjadi penyebab terjadinya efek rumah kaca. Gas metana berasal dari bahan organik yang dipecah oleh bakteri dalam kondisi kurangnya oksigen, seperti di persawahan. Sama halnya dengan meningkatnya jumlah populasi ternak yang mengakibatkan peningkatan produksi gas metana yang dilepaskan ke atmosfer bumi.

4.      Aktivitas penebangan pohon

Penggunaan kayu dari pohon sebagai bahan baku berbagai produk membuat jumlah pohon kita makin berkurang. Hal ini membuat hutan, tempat tumbuhnya pohon-pohon semakin sempit akibat penggunaan lahan untuk dijadikan berbagai macam tempat seperti perkebunan atau tempat rekreasi. Padahal fungsi hutan sangat penting sebagai paru-paru dunia dan dapat digunakan untuk  mendaur ulang karbondioksida yang terlepas di atmosfer bumi.

5.      Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan

Kebanyakan pupuk kimia ini berbahan nitrogenoksida yang 300 kali lebih kuat dari karbondioksida sebagai perangkap panas, sehingga ikut memanaskan bumi. Akibat lainnya adalah pupuk kimia yang meresap masuk ke dalam tanah dapat mencemari sumber-sumber air minum kita.

Akibat yang ditimbulkan oleh global warming adalah sebagai berikut:

1. kenaikan permukaan air laut seluruh dunia
2. Peningkatan intensitas terjadinya badai
3. Menurunnya produksi pertanian akibat gagal panen
4. Makhluk hidup terancam kepunahan

Beberapa upaya pencegahan global warming adalah mulai dari menanam pohon kembali untuk mengurangi peningkatan suhu yang terjadi di atmosferRamah lingkungan atau tidak sering menggunakan kendaran bermotor juga dapat mengurangi intensitas polusi karbondioksida.
Hindari juga penggunaan plastic saat berbelanja, dan pakailah tas kain yang lebih ramah lingkungan. Selain itu kertas dan plastic yang sudah tidak terpakai dapat di daur ulang menjadi barang yang dapat dimanfaatkan kembali. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan mematikan alat elektronik saat tidak digunakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar