Minggu, 27 Oktober 2013

Pengantar Internet (tulisan)

A.      Pengertian dan sejarah internet

Internet adalah singkatan dari interconnected network. Internet merupakan sebuah system komunikasi yang mampu menghubungkan jaringan-jaringan computer di seluruh dunia. Pada tahun 1960-an departemen pertahanan Amerika Serikat melalui Advance Research Projects Agency (ARPA) merintis sebuah system jaringan ARPANET. ARPANET merupakan cikal bakal dari internet.
Pada tahun 1980-an internet mulai digunakan secara terbatas untuk menghubungkan beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat. Protocol standart TCP/IP mulai diperkenalkan pada tahun 1982. System nama domain digunakan pada tahun 1984.
National Science Foundation Network (NSFNET) dibangun pada tahun 1986 dan mulai menggantikan peran ARPANET sebagai jaringan riset di AS. Beberapa jaringan internasional diberbagai Negara mulai dibangun dan dihubungkan dengan NSFNET. ARPANET dibubarkan pada tahun 1990, namun internet masih tetap berkembang hingga sekarang.
Awalnya informasi yang bisa diperoleh melalui internet hanyalah informasi berbasis teks. Pada tahun 1990, layanan berbasis tampilan grafis yaitu World Wide Web (WWW) mulai dekembangkan oleh CERN. Pada tahun 1993, interNIC didirikan untuk melayani pendaftaran nama domain. Sekitar tahun 1994, internet mulai digunakan di Indonesia.

B.      Koneksi Ke Internet

      Setelah membangun koneksi internet,  langkah yang harus dilakukan untuk menghubungkan dengan internet adalah sebagai berikut:
1.       Tampilkan desktop computer.
2.       Jika sudah membuat koneksi internet melalui ISP, bernama benderaNET (sebagai contoh), maka klik icon koneksi bertuliskan benderaNET pada desktop computer menggunakan tombol mouse sebelah kanan.
3.       Ketika muncul menu PopUp, klik connect.
4.       Klik tombol dial dengan nomor 080989999. Ketika proses koneksi dengan internet berhasil, akan muncul sebuah pesan dipojok kanan bawah layar monitor.
5.       Setelah koneksi berhasil, internet dapat digunakan.
Lambatnya koneksi internet disebabkan oleh beberapa factor, factor utamanya adalah kapasitas bandwidth yang diberikan oleh ISP/penyedia jasa internet kepada setiap pengguna berbeda.
C.      Jenis Hubungan Koneksi Internet

Untuk menghubungkan koneksi internet dapat menggunakan kabel merupakan jenis koneksi yang memanfaatkan media kabel sebagai penghantarnya. Berikut beberapa macam koneksi internet menggunakan media kabel:
1.       Dial-Up, merupakan koneksi internet yang memanfaatkan jalur telepon dengan cara menghubungi nomor telepon khusus agar bisa digunakan untuk berinternet.
2.       ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line),merupakan koneksi internet broadband yang cepat dibandingkan dengan koneksi dial-up. ADSL/DSL memiliki kecepatan transfer besar karena menggunakan jalur pita yang lebar.
3.        Internet Cabel. Teknologi ini bekerja dengan memindahkan sinyal-sinyal radio yang biasa di broadcast di udara menjadi bentuk sinyal-sinyal yang dapat dilewatkan didalam bungkusan kabel coaxial.

D.      Perangkat Yang Dibutuhkan
     
      Untuk mengoptimalkan koneksi internet,  ada beberapa cara yang dapat digunakan, yaitu penggunaan perangkat yang digunakan, software tweak internet, browser yang digunakan, tweak registry, dan plugin tertentu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar