Minggu, 27 Oktober 2013

LAYANAN APLIKASI DI INTERNET

1                   I. Pendahuluan

a.       Latar Belakang

Internet memang menjadi sumber informasi yang paling mudah di akses siapapun dan dimanapun. Melalui internet, segala macam informasi bisa didapatkan dengan mudah, mulai dari ilmu pengetahuan, berita lama dan berita terbaru, sejarah-sejarah mengenai suatu hal, dan lainnya.
        Kemudahan dalam mecari informasi melalui internet telah dimanfaatkan banyak orang untuk menggali informasi bahkan informasi dari ratusan tahun yang lalu. Internet juga dapat digunakan untuk berkomunikasi via teks bahkan bertatap muka antar dunia.

b.      Rumusan Masalah
1.       Apa yang dimaksud dengan World Wide Web?
2.       Apa yang dimaksud dengan E-mail, Search Engine, dan Chatting?
3.       Apa yang dimaksud dengan Netiquette?

c.       Tujuan
1.       Mahasiswa dapan mengetahui dan memahami tentang World Wide Web (WWW)
2.       Mahasiswa dapan mengerti dan menjelaskan tentang E-mail, Search Engine, dan Chatting
3.       Mahasiswa dapam memahami dan mengetahui yang dimaksud dengan Netiquette


II. Analisa dan Pembahasan

A.      World Wide Web (WWW)

World Wide Web adalah informasi yang dapat diakses melalui internet dimana dokumen-dokumen hypermedia (file-file computer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat  yang unik. World wide web juga merupakan kumpulan computer yang bertindak sebagai server isi/kandungan yang menyimpan dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan dilihatnya teks, grafis, dan audio sekaligus juga memungkinkan dibuatnya link dengan dokumen-dokumen lain didalam web.


B.      Electronic Mail (Email)

E-Mail  merupakan singkatan dari electronic mail yaitu suatu metode untuk mengirimkan pesan , menyimpannya, dan meneruskannya ke alamat email yang lain melalui media elektronik (internet).  Dengan fasilitas ini, kita bisa mengirim atau menerima pesan(email) dari dank e pengguna internet diseluruh dunia, dan setiap pesan yang dikirim dan diterima akan selalu trsimpan didalam mailbox.

C.      Search Engine

Search Engine adalah perangkat lunak atau lebih sering disebut robot atau jarring laba-laba yang diprogram untuk mencari website terbaru. Robot ini bekerja dengan cara mengunjungi dari website satu ke website lainnya. Saat mengunjungi website, robot-robot akan mencatat setiap halaman yang ada pada setiap website. Robot-robot tersebut akan mengunjungi ulang website yang pernah dikunjungi secara teratur untuk memastikan apakah website yang telah terindeks masih ada atau tidak.

D.      Chatting

Chatting merupakan aplikasi yang sangat banyak digunakan oleh pengguna internet untuk berkomunikasi secara langsung baik menggunakan software internet relay chat (IRC) yang berbasis teks seperti mIRCmaupun grafik seperti Yahoo Messenger. Dengan chatting, anda bisa bicara dengan siapa saja yang terhubung dengan internet.

E.       Netiquette

Netiquette atau netiket merupakan singkatan dari netter etiket yaitu semacam aturan atau etika dalam berkomunikasi sesame pengguna internet, baik itu dalam berkomunikasi email, mailing list, chatting, dan media komunikasi lainnya yang disepakati sebagai aturan dan etika yang umum.  Beberapa contoh netiquette adalah;
1.       Flaming. Jangan memancing flame war (flaming) yang tidak berguna dan jangan terpancing dengan umpan flame. Hindarilah postingan yang sifatnya menyinggung atau memancing emosi yang lain.
2.       Junking. Jika ada spam/junk mail, jangan dihiraukan.
3.       Jangan kirim file berukuran besar melalui attachment tanpa ijin terlebih dahulu pada penerima email.

III. Kesimpulan

Internet menjadi sarana komunikasi yang paling mudah di akses dimanapun dan kapanpun. Dengan internet, seseorang dapat mengirimkan pesan, foto, music, ataupun video menggunakan aplikasi yang ada di internet, seperti E-mail. Juga dapat mengirimkan pesan yang dengan langsung yang disebut dengan chatting. Search Engine digunakan untuk mencari/mengunjungi web yang ingin/telah dikunjungi penguna. Namun dalam berkomunikasi antar sesame pengguna internet, ada semacam aturan atau etika yang disebut dengan Netiquette.

IV. Referensi

McLeod, Raymond dkk. 2008. System Informasi Manajemen, edisi 10. Salemba Empat. Jakarta.

Yuhefizar, 2008. 10 Jan Menguasai Internet Teknologi dan Aplikasinya. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar